Friday, October 06, 2006
posted by Pengmas BEM Fasilkom Mantaph!! at 9:19 PM
"Sahurr!! Sahurr!!
sahurr... sahurr..."

Kalimat yang lazim diteriakkan oleh orang-orang atau anak-anak kecil sambil membunyikan kentongan, ketika pagi Ramadhan menghampiri.
Dan biasanya, cukup banyak makanan yang terhidang di rumah kita masing-masing.
Suasana rumah menjadi lebih hidup daripada biasanya..
Tayangan acara bertajuk Sahur di televisi menjadi teman setia bersantap sahur.
Rasanya sungguh nyaman dan nikmat!!

Tapi...,
he3x, ada tapi-nya nih!
Teman2 pernah bertanya-tanya tidak, bagaimana yah suasana sahur orang-orang di luar kita?
Suasana sahur di jalanan-jalanan ibukota?
Suasana sahurnya teman-teman tunawisma, yang tidak punya rumah dan biasanya meng"emper" di jalanan?
Suasana sahurnya teman-teman pengamen jalanan dan teman-teman lainnya yang tidak seberuntung kita dalam segi ekonomi?

Patut dipikirkan lho!
Karena dengan melihat kepada teman2 yang berada "di bawah" kita, akan jelas mengapa seharusnya kita patut mengucapkan syukur gak berhingga kepada Allah SWT atas rizki-rizki terbaik yang sudah Ia berikan kepada kita sampai detik ini..

Dan tadi pagi, mulai jam 1.00 -05.00 a.m., kami dari Pengmas BEM Fasilkom UI bersama temen2 Fasilkom lainnya ngadain acara bernama SHARE ON SAHUR.
Di acara ini kita bagi-bagi kurang lebih 100 bungkus makanan ke orang-orang yang ada di jalanan sepanjang fatmawati, kuningan, benhill, tendean, mampang, dll...
Walopun pas awal-awal acara sempet terjadi sedikit chaos karena peserta yang cukup banyak dan pusing2 ngurus pembagian mobil, tapi alhamdulillah acara bisa berjalan dengan cukup lancar.
Well, peserta tahun ini, katanya sih lebih banyak dibanding tahun lalu (kata anak2 2004).
Ada sekitar 60-70 teman2 mahasiswa Fasilkom yang ikutan dan ada (kalo gak salah) 12 mobil sebagai alat transportasinya. Thx to temen2 yang udah bantu meminjamkan mobil! Thx yah Zahra, Koming, Falah, Narpati, Ginanjar, Rizki, Tio, Moja, dll yang panjang banget kalo disebutin atu-atu!
Jangan kapok buat ikutan lagi tahun depan yah :-)

Nah, lanjutt...
Acara bagi-bagi makanan sahur di jalan ini berakhir jam 3.00
Tapi, rangkaian acara gak sampai di sini aja. Kita berlanjut lagi ke acara berikutnya di daerah Terminal Depok. Tepatnya di Yayasan Bina Insani Mandiri aka YABIM.
Di sini, kita ngadain acara sahur bareng2 antara beberapa anak YABIM, warga terminal Depok, dan mahasiswa Fasilkom.

Acaranya.. ada kuis2 kecil -weits, ternyata anak-anak YABIM pada banyak yang semangat jawab pertanyaan lho, lucu2 banget deh mereka-, trus persembahan dua nasyid dari temen2 YABIM yang notabene mayoritas pengamen jalanan (keren lho nasyidnya! yang nyanyi, Mas Ardan, suaranya bagus; trus ada juga yang main biola namanya Mas Bule.. keren deh pokoknya!), ada tausiyah sahur oleh Ust. Rusdi (he3x.. seneng yah dipanggil Ustadz? bwt yang gak tau, beliau ini alumni Fasilkom lho.. biasanya juga kita manggil Kak.. he2x, tapi kmarn dipanggil Ustadz! didoain deh, jadi Ustadz yang baek) , trus lanjut acara SAHUR BERSAMA
Hmm... enak2! Yummy! Habis itu, penutupan deh dan doa bersama..
Dan rangkaian acara pun berakhir sekitar jam 4.45 setelah Subuh berjamaah.

Karena sepertinya (ini mah dah pasti) smua dah capek smua, mata udah pada sipit semua, panggilan buat tidur udah bergema terus di telinga, so... setelah Subuh berjamaah, peserta dari mahasiswa langsung dibubarkan dan diberikan hak untuk segera pulang ke rumah masing2x.
Tapi, kita masih sempet foto2 lho! ha3x.. dasar!

Yah, akhir kata...
Pengmas mo ngucapin makasih banget buat smua teman yang sudah membantu acara SHARE ON SAHUR ini. Moga bisa menjadi catatan amal bagi kita. Moga bisa menjadi sebuah refleksi kecil bagi kita bahwa seharusnya kita harus banyak bersyukur atas nikmat-nikmat terbaik yang diberikan-Nya. Jangan kapok lagi buat ikut tahun depan. Maaf banget kalo banyak kekurangan dari kita..
Okeh2? Dimaafin yah :D